Perencanaan Strategi dalam Menghadapi Persaingan Industri Media Televisi Lokal (Studi Pada RB TV Bengkulu)

Main Article Content

Islamuddin Islamuddin
Furqonti Ranidiah

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi apa yang diterapkan RBTV saat  ini untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam industri media televisi khususnya media televisi lokal di Provinsi Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  strategi bersaing yang dapat diterapkan RBTV dalam menghadapi persaingan tersebut. Dengan mengetahui peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal RBTV serta mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya akan dapat menyusun dan menetapkan  formulasi strategi untuk menemukan alternatif strategi untuk bisa bersaing dengan industri televisi lokal lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknikan alisis data dengan menggunakan  Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks SWOT, Matriks IE, dan Matriks Quantitative Strategic Planning Model (QSPM). Dari hasil penelitian dapat disismpulkan bahwa dalam matriks QSPM didapatkan strategi pengembangan produk yang merupakan strategi yang paling baik untuk dijalankan oleh RBTV dengan total attractiveness scores tertinggi, yaitu sebesar 6,474. Pada matriks EFE diperoleh total skor sebesar 3,330 yang menunjukan bahwa RBTV sudah mampu merespon setiap  peluang dan meminimalkan ancaman dengan baik. Sedangkan pada matriks IFE didapatkan total skorsebesar 3,145 yang menunjukan bahwa RBTV mempunyai posisi yang kuat secara internal dan mampu memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk menutupi kekurangan. Matriks IE menunjukan bahwa RBTV berada pada kuadran I, strategi yang digunakan dalam kondisi kuadran I adalah strategi integrasi (integrasi horizontal) dan strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan produk, dan pengembangan pasar).

Article Details

Section
Articles

References

David, F.R. 2009. Manajemen strategis: konsep (edisi dua belas). Terjemahan oleh Donosunardi.2009, Jakarat Salemba Empat.
-----------. Strategic Management , edisi 12 Jakarta: Salemba Empat David; Fournier dan Ddeighton, 1997; Pass dan Lowes, 1997;porter, 1980 dan
1985.
Maharani, Z.B., Pratiwi, R., Annisa, Q., Ratnasari, D., Waluyo, S., Yandri, P., 2018, Strategi Pemasaran Industri Rumah Tangga Arang Tempurung Kelapa (Studi Kasus pada Industri Rumah Tangga Bapak Abdul Razak di Cimanggis, Ciputat, Tangerang Selatan), Indonesian Journal of Economics Application, Vol. 1, No. 1: 67-73.
Paradise, R.N., Marisa, R., Putri, N., Utami, C.D., Istimal, I., 2018, Peta Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman (SWOT) Industri Arang Tempurung Kelapa di Kelurahan Muncul, Tangerang Selatan, Indonesian Journal of Economics Application, Vol. 1, No. 1: 51-60.
Rangkuti, F. 2006, Analisis SWOT Membelah Tekhnik Kasus Bisnis Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiono, (2008).Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.